Resep Menu Masakan Harian Sederhana Mudah dan Praktis

Resep Ongol Ongol Hunkwe Manis dan Lembut

Resep Ongol Ongol Tepung Hunkwe -  Merupakan kue basah yang enak ini sangat populer sebagai jajanan tradional khas nusantara. Kue ongol-ongol (kue kosui) tidak hanya familiar bagi masyarakat Betawi dan Jawa Barat, tetapi juga banyak dikenal di daerah lainnya.

Kue ini memiliki ciri bertekstur kenyal dan lembut dengan taburan kelapa parut sebagai syarat penyajiannya. Bahan dasar ongol ongol terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan gula merah, sehingga cita rasanya manis berpadu gurih, ditambah aroma wangi dari daun pandan.

Resep Ongol-ongol Tepung Hunkwe

Resep Ongol Ongol Tepung Hunkwe


Berbagai macam jenis tepung bisa kita bikin jadi ongol2, diantaranya adalah tepung sagu, tepung beras, tepung ketan, tepung tapioka atau pemakaian tepung hunkwe pada resep cara membuat ongol ongol kali ini. Beda jenis tepung menyebabkan perbedaan tekstur, sehingga menjadikan variasinya sangat beragam.

Sedangkan jenis gula juga biasanya menggunakan gula merah, palem ataupun gula aren. Kombinasi gula palem membuatnya lebih wangi, sehingga walaupun cara membuatnya sangat mudah dan sederhana tetapi kita bisa memvariasikan ongol-ongol menjadi sedikit lebih spesial.

Bahan-bahan :
  • 100 gram - gula merah
  • 50 gram - gula palem
  • 150 gram - tepung hunkwe
  • 1 sachet kecil - vanili
  • 400 ml - air
  • 1 lembar - daun pandan disimpulkan
  • 100 gram - kelapa parut yang masih muda
  • 1/4 sendok teh - garam

Cara Membuat Ongol-ongol Hunkwe

  1. Siapkan panci, didihkan air kemudian masukkan gula merah, gula palem dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih kembali dan gula larut. Angkat lalu saring kemudian masukkan lagi ke dalam panci, diamkan terlebih dahulu hingga agak dingin (hangat-hangat kuku).
  2. Masukkan tepung hunkwe serta vanili ke dalam air gula lalu aduk-aduk sampai tercampur rata. Masak lagi di atas api kecil sambil diaduk hingga adonan mengental dan meletup-meletup. Angkat dan tuang ke dalam cetakan atau loyang segi empat atau sesuai ukuran lalu dinginkan.
  3. Sambil menunggu kue ongol-ongol dingin kita siapkan parutan kelapa, campurkan dengan garam dan aduk-aduk sampai tercampur rata selanjutnya kukus kira-kira 10-15 menit.
  4. Setelah kue ongol-ongol dingin lalu potong-potong segi tiga, segi empat atau sesuai selera kemudian guling-gulingkan di atas parutan kelapa hingga merata. Sajikan kue ongol ongol dengan ditaburi lagi sisa parutan kelapanya lalu siap untuk dihidangkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Resep Ongol Ongol Hunkwe Manis dan Lembut