Resep Menu Masakan Harian Sederhana Mudah dan Praktis

Resep Lumpia Basah Isi Bengkuang Jajanan Pedas

Cara Membuat Lumpia Basah Resep Isi Bengkuang Pedas
Resep Lumpia Basah Isi Bengkuang  - Kota kembang Bandung memang merupakan surganya kuliner, karena di tempat ini dengan mudah kita jumpai aneka macam jajanan yang unik dan enak-enak.  Pilihannya pun sangat bergam, dari jajanan pinggir jalan yang murah meriah hingga di kafe-kafe atau resto banyak menyajikan menu makanan yang khas. Lumpia basah adalah salah satunya yang identik dengan jajanan kaki lima, tapi isian lumpia dari perpaduan tumisan bengkuang dan toge membuatnya cukup diminati. Kemasannya biasa dibungkus dengan daun pisang, bisa juga lebih praktis dengan kertas pembungkus makanan atau plastik sehingga acapkali dinikmati pembeli sambil berjalan kaki menggunakan sumpit.
Resep Lumpia Basah Bandung
Resep Lumpia Basah
Berbeda dengan lumpia goreng pada umumnya, lumpia basah kuliner khas bandung ini memiliki isi yang dibuat dari campuran toge, telur, dan bengkuang. Cara membuatnya dengan ditumis bersama racikan bumbu-bumbu termasuk rasa pedas yang memang paling digemari. Kulit lumpia dilumuri dengan kuah gula merah yang dikentalkan, lalu diberi isi tumisan tadi serta selanjutnya siap dilipat.

Selain rasa segar dari bahan sayuran, lumpia basah terkenal dengan sensasi pedas yang menusuk lidah dengan standar level biasa hingga level yang terpedas menonjok. Untuk menikmati nikmatnya lumpia basah khas bandung, kita akan memberikan resep cara membuat lumpia basah isi bengkuang sehingga tidak perlu jauh-jauh pergi mengunjungi kota Bandung.

Bahan serta Bumbu Lumpia Basah Isi Bengkuang
  • 10 buah - kulit lumpia yang siap pakai
  • 3 butir - telur diorak-arik
  • 250 gram - bengkuang dikupas kulit lalu cuci bersih, kemudian potong korek api
  • 250 gram - toge, buang akarnya
  • 500 ml - air
  • 200 gram - gula merah disisir halus
  • 4 sendok makan - tepung maizena atau tepung kanji
  • 1 sendok makan - gula pasir
  • 1/4 sendok teh - kaldu bubuk/penyedap
  • Minyak secukupnya untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan :
  • 4 butir - bawang merah
  • 3 siung - bawang putih
  • 1 sendok makan - garam
  • 10 buah - cabai rawit merah
Cara Membuat Lumpia Basah Isi Bengkuang
  1. Siapkan panci ukuran sedang, tuangkan 500 ml air dan masukkan gula merah. Aduk-aduk dan masak dengan menggunakan api sedang sampai gula larut. Angkat dan saring larutan gula merah tersebut, kemudian masukkan lagi serta didihkan kembali.
  2. Masukkan irisan bengkuang, aduk sebentar lalu biarkan mendidih. Selanjutnya kecilkan api dan teruskan memasak hingga 30 menit. Angkat dan tiriskan irisan bengkuang lalu sisihkan untuk bahan tumisan.
  3. Ambil 100 ml air gula merah tadi, campurkan dengan tepung maizena lalu aduk-aduk hingga mengental. Masukkan kembali ke air gula tadi kemudian didihkan lagi sambil diaduk-aduk dan meletup-letup, matikan api.
  4. Panaskan wajan yang sebelumnya diisi sedikit minyak, tumis bumbu yang dihaluskan lalu aduk-aduk sampai harum. Masukkan telur orak-arik, tauge, dan irisan bengkuang tadi, aduk hingga layu. Tambahkan gula pasir dan kaldu bubuk, aduk kembali sampai bumbu tercampur rata. Angkat dan sisihkan sebagai isi lumpia.
  5. Ambil lembar per lembar kulit lumpia, olesi kulit lumpia dengan cairan gula merah kental di atasnya (tipis saja) lalu beri isian lumpia. Lipat berbentuk amplop, lumpia basah isi bengkuang siap untuk disajikan selagi hangat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Resep Lumpia Basah Isi Bengkuang Jajanan Pedas