Resep Menu Masakan Harian Sederhana Mudah dan Praktis

Resep Bolu Panggang Agar Lembut Mengembang

Resep Cara Membuat Bolu Panggang Lembut Mengembang - Kue bolu oven tetap menjadi favorit karena bentuk dan teksturnya yang khas, empuk, lembut, ringan dan kering. Kue ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana sebagai aneka hidangan klasik yang tak lekang oleh waktu.

Resep Bolu Panggang Lembut Mengembang
Dahulu para ibu-ibu sangat mahir membuatnya, dengan tekstur lembut dan mengembang sempurna. Kue bolu panggang sering dihidangkan untuk menu lebaran, hajatan, syukuran, hingga arisan. Berbeda dengan sekarang, mau kue bolu tinggal pesan atau beli, karena kalau bikin sendiri takut bantat alias gagal.

Berbekal oven konvensional atau oven kompor tanpa suhu, kita bisa dengan mudah membuatnya. Bahan dasar adonan kue bolu panggang berikut ini agar tidak bantat bahkan dapat benar-benar lembut dan mengembang. Keju hanya sekedar hiasan topping supaya terkesan lebih istimewa. Tipsnya hanya memanaskan oven hingga benar-benar panas dengan api sedang secara stabil (tidak mengecilkan api) hingga matang.

Bahan-bahan Bolu Panggang

  • 200 gram - tepung terigu protein sedang (segi tiga biru)
  • 1 sachet - vanili
  • 1/2 sdt - baking soda
  • 200 gram - margarin dilelehkan
  • 8 butir - kuning telur
  • 4 butir - putih telur
  • 200 gram - gula halus
  • Buttercream cake secukupnya untuk olesan
  • Keju cheddar secukupnya untuk taburan
  • Chery secukupnya untuk toping
Cara Membuat Kue Bolu Panggang

Cara Membuat Bolu Panggang

  1. Pertama-tama panaskan oven di atas kompor dengan api sedang sampai benar-benar panas, atau panaskan oven di suhu 180º-200ºc jika ada pengukur suhunya (tergantung kondisi oven).
  2. Campur dan aduk rata tepung terigu, vanili dan baking soda, lalu ayak supaya halus, sisihkan.
  3. Kocok kuning dan putih telur serta gula halus pakai mixer speed tinggi hingga mengembang dan pucat. Masukkan margarine leleh, sambil terus dikocok hingga rata dan lembut, matikan mixer. Masukkan ayakan tepung tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula hingga adonan benar-benar rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang tulban (loyang bundar bolong di tengah) berdiameter 24cm dan tinggi 7cm, tetapi sebelumnya loyang diolesi tipis margarin dan sedikit taburan tepung terigu (agar adonan tidak lengket).
  5. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah benar-benar panas, kemudian panggang selama 20 menit atau sampai matang. Tusuk dengan lidi, jika kering dan tidak ada yang menempel berarti kue sudah matang, tetapi tutup oven juga jangan sering dibuka ya.
  6. Angkat dan keluarkan loyang dari oven serta biarkan dingin terlebih dahulu. Setelah dingin, tutupi dengan piring saji lalu balikkan agar kue bolu keluar dari loyangnya.
  7. Olesi dengan buttercream, taburi di bagian atas dengan parutan keju cheddar dan buah cherry untuk variasi toppingnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Resep Bolu Panggang Agar Lembut Mengembang