Resep Menu Masakan Harian Sederhana Mudah dan Praktis

Resep Cake Kukus dan Tips Membuat Butter Cream Lembut

Tips membuat butter cream untuk hiasan kue pada resep cake kukus yang lembut dan mengembang ini, bisa diolah dengan bahan dan cara sederhana. Cake bolu kukus atau biasa disebut kue tart setelah dihiasi dengan butter cream warna-warni, juga dapat menjadi kue ulang tahun favorit maupun acara pesta perkawinan.

Cara Membuat Butter Cream dan Cake Kukus
Tips sukses bikin sendiri adonan dasar cake kukus yang enak dengan tekstur yang benar-benar lembut, selain jangan terlalu irit pemakaian telur, ada satu hal yang jarang diperhatikan pemula, yaitu setelah melelehkan margarin sebaiknya dibiarkan dingin terlebih dahulu agar tekstur kue menjadi lebih halus.
Resep Cake Kukus dengan Butter Cream Lembut
Buttercream sederhana tanpa telur adalah salah satu jenis krim yang merupakan komponen penting dalam membuat kue hias atau kue tart. Buttercream kerap digunakan untuk melapisi dan mendekorasi topping cake. Bagaimana cara mudah dan praktis membuatnya di rumah, simak resepnya di bawah ini.

Bahan Cake Kukus

  • 150 gram - tepung terigu protein sedang
  • 1 sachet - vanili
  • 1/2 sdt - baking powder
  • 1 sachet - susu kental manis putih
  • 150 gram - margarin dilelehkan lalu biarkan dingin
  • 7 butir - kuning telur
  • 3 butir - putih telur
  • 150 gram - gula halus
  • 1/2 sdm - emulsifer
Bahan butter cream :
  • 1 sachet - susu kental manis
  • 250 gram - gula halus
  • 250 gram - mentega putih
  • 1/2 sdm - vanili

Cara Membuat Cake kukus

  1. Panaskan pamci kukusan yang sebelumnya diisi air secukupnya, alasi tutup kukusan dengan kain serbet. Didihkan menggunakan api sedang hingga benar-benar mendidih dan uapnya banyak.
  2. Campurkan kuning telur, putih telur, gula halus dan emulsifer, kemudian kocok menggunakan mixer dari kecepatan rendah hingga speed tinggi secara bertahap hingga adonan berubah warna menjadi pucat (sekitar 20 menit).
  3. Tuangkan margarin leleh yang sudah dingin tadi, sambil terus diaduk masukkan secara berurutan tepung terigu sedikit demi sedikit, vanili, baking powder dan susu kental manis, aduk sampai tercampur rata, matikan mixer.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang oval ukuran 20x15 cm atau sesuai selera yang sebelumnya di olesi tipis mentega dan taburan tepung terigu (agar tidak lengket).
  5. Masukkan loyang ke dalam panci kukusan saat kukusan sudah benar-benar panas dan uapnya banyak. lalu kukus selama 15 menit atau hingga matang. Angkat dan keluarkan kue dari panci kukusan ke piring saji, biarkan dingin sebelum dihias maupun akan disajikan langsung.

Cara Membuat Butter Cream

  1. Kocok mentega putih pakai mixer kecepatan tinggi hingga ringan dan mengambang serta kelihatan halus.
  2. Cairkan gula halus dengan sedikit air cukup sampai semua gula larut, aduk agar tidak ada butiran-butiran gula lagi. Masukkan cairan gula ke dalam mentega putih, lalu kocok lagi dengan mixer kecepatan tinggi hingga tekstur menjadi cream yang lembut.
  3. Tambahkan susu kental manis dan vanili, aduk-aduk hingga rata dan berubah warna putih serta lebih creamy, matikan mixer.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian warna (biarkan putih, hijau dengan pasta pandan, dan pink pakai pasta strowberry), atau sesuai selera lalu aduk rata. Diamkan sebentar lalu butter cream bisa langsung digunakan sebagai penghias cake.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Resep Cake Kukus dan Tips Membuat Butter Cream Lembut