Resep Menu Masakan Harian Sederhana Mudah dan Praktis

Resep Kue Kastengel Keju Edam Kering Renyah

Kue kering keju bercita rasa asin gurih yang renyah, resep kastengel yang enak ini dapat melengkapi aneka sajian kue kering favorit untuk lebaran idul fitri, idul adha, hari raya natal maupun tahun baru. Kue kastengel keju edam bertoppingkan keju kraft cheddar akan terasa pas di lidah dengan bahan adonan dan cara membuat yang cukup mudah.

Resep Kue Kastengel Keju
Keju edam (keju tua/keju ayam) menjadi pilihan bagi pembuat kue kering untuk dijual atau untuk jualan, walau lebih mahal dari keju cheddar namun keju lebih berasa serta dapat menghasilkan kue kering yang benar-benar gurih dan renyah.

Adonan dasar atau bahan utama kue kering umumnya terdiri dari mentega/margarin, tepung, gula dan telur. Selain komposisi, penambahan kombinasi bahan atau bahkan peniadaannya itulah yang menghasilkan variasi kue kering yang sangat beragam. Seperti halnya beberapa jenis kue kering yang lain, kue kastengel juga termasuk kue kering klasik yang terus berkembang.

Bahan Kue Kastengel

  • 200 gram - keju edam, parut
  • 500 gram - margarin atau mentega
  • 1 sdt - garam
  • 100 gram - roombutter
  • 2 sachet - kaldu bubuk
  • 5 butir - telur ayam, ambil kuningnya
  • 800 gram - tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt - baking soda (soda kue)
  • 60 gram - keju chedar yang sudah diserut untuk taburan
  • 2 butir - telur bebek, ambil kuningnya untuk olesan (campurkan dengan minyak sayur 3 tetes)

Cara Membuat Kue Kastengel

  1. Kocok mentega, garam, roombutter dan kaldu bubuk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga merata. Masukkan kuning telur ayam satu persatu dan tingkatkan kecepatan hingga adonan mengembang.
  2. Siapkan wadah kembali, masukkan tepung terigu dan baking soda lalu ayak, kemudian masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan pertama tadi. Aduk bisa menggunakan spatula hingga rata dan kalis, lalu masukkan keju edam, aduk hingga adonan benar-benar rata, tapi jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak keras.
  3. Giling dan cetak adonan berbentuk persegi panjang atau sesuai selera, kemudian tata diatas loyang yang sebelumnya diolesi sedikit margarin dan taburi tipis dengan tepung terigu. 
  4. Olesi dengan kuning telur bebek dan taburi dengan parutan keju chedar sebagi toppingnya, kemudian oven atau panggang dalam oven bersuhu 180°C, lamanya kira-kira 20 menit atau sampai matang. Keluarkan dari oven, lalu masukkan kue kastengel ke dalam wadah kue kering.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Resep Kue Kastengel Keju Edam Kering Renyah