Resep Menu Masakan Harian Sederhana Mudah dan Praktis

Resep Telur Gabus Keju Kue Widaran Asin

Resep Telur Gabus Keju - Disebut juga kue widaran merupakan cemilan yang sepintas terlihat keras, namun renyah dan empuk ketika digigit. Kue kering yang diolah dengan cara digoreng ini bercita rasa keju yang membuat gurih dan enak disantap. Kue gabus asin juga merupakan sajian khas hari raya lebaran idul fitri dan natal bersanding dengan aneka kue kering lainnya.

Cara Membuat Kue Telur Gabus
Kue telur gabus memiliki banyak varian rasa yang umum dijumpai, yaitu kue gabus asin, manis hingga pedas balado. Kita bisa memulainya dari mengolah telur gabus asin keju, dan tak perlu menunggu lebaran tiba, tentunya cemilan ini juga sudah sangat akrab menjadi teman nyemil sehari-hari.

Bahan Telur Gabus Keju

Cara simpel membuat telur gabus asin keju yang awet renyahnya bisa menggunakan hanya sedikit bahan sebagai adonan dasarnya seperti berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 250 gram - tepung sagu (ayak)
  • 2 butir - telur ayam
  • 50 gram - mentega
  • 100 gram - keju chedar, parut
  • 1/4 sdt - garam
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Telur Gabus Keju

  1. Campurkan telur, mentega, keju dan garam lalu blender sampai tercampur rata dan halus.
  2. Masukkan tepung sagu dalam sebuah wadah, lalu tuang adonan telur tadi sedikit demi sedikit. Aduk-aduk dan uleni pakai tangan sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
  3. Ambil adonan secukupnya, bentuk menjadi lonjong-lonjong kecil dengan kedua telapak tangan, selanjutnya rendam ke dalam minyak dingin dalam sebuah wadah.
  4. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, ambil adonan dari minyak dingin tadi lalu goreng di atas api kecil hingga kuning kecoklatan dan matang merata.
  5. Angkat dan tiriskan dari minyak lalu sajikan dalam wadah tertutup atau toples kedap udara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Resep Telur Gabus Keju Kue Widaran Asin